Sabtu, 02 Februari 2013

Sekilas info Wisata Daerah Yogyakarta

Kota Yogyakarta merupakan Kota yang kaya akan objek-objek wisata bersejarah, Disana merupakan salah satu kota tujuan saya, jadi ngarep nih, hehe check this out aja sudah kalo gitu... silahkan dibaca semoga bermanfaat untuk teman-teman semua...

Candi Prambanan 


terdiri dari 3 candi utama berketinggian 47 m dan candi - candi kecil yang disebut perwara. candi prambanan merupakan peninggalan agama hindu dari abad IX terletak ditepi JL. Raya Yogya-Solo Km 17 arah timur kota yogyakarta. kawasan candi dibuka setiap hari pukul 06.00 - 17.300 WiB. Jl. Raya Yogya-Solo Km 16, Prambanan, Yogyakarta.

Candi Sambisari


Candi ini ditemukan pada tahun 1966 posisinya yang berada 6,5 m dibawah permukaan tanah membuat candi ini memiliki keunikan tersendiri. Kawasan candi ditemukan oleh seorang petani ketika mencangkul sawahnya. Candi sambi sari dibangun pada abad X dan terletak 12 Km dari yogya di desa Sambi sari. Kawasan candi dibupa pukul 08.00 - 17.00

Candi Gebang

Candi Gebang terletak di dusun Gebang Wedomartini, Ngemplak Sleman. Bangunan candi terdiri 1 candi induk berbentuk bujur sangkar, dibangun sekitar abad VII-X Masehi. Candi ini berlatar belakang agama hindu.

Candi Kalasan


Candi Budha yang prasastinya berhuruf pranagari dan sansekerta dibangun pada tahun 778 M. Terletak di dusun kali bening, Tirtimartani, Kalasan, Sleman atau 3 km arah barat Candi Prambanan. Candi kalasan dapat dikunjungu setiap hari pukul 08.00 - 17.00 WiB.

Situs Kraton Ratu Boko
Berjarak 3 Km arah selatan Candi Prambanan. Dari lokasi situs ini, kita dapat menikmati panorama kota Yogyakarta dan candi prambanan. Terdiri atas gapura, Candi pembakaran, Paseban, Pendopo dan Pemandian Kaputen. Dilengkapi fasilitas camping ground, musholla, toilet, dan kiara pandang.

Candi Banyunibo


Candi Banyunibo merupakan candi Budha yang letaknya berdekatan dengan situs Candi Ratu Boko. Candi Banyunibo menyerupai tetesan embun dibangun pada abad IX. Candi Banyunibo dapat dikunjungi setiap hari pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Museum Gunung Api Merapi


Museum Gunung Api Merapi (MGM) merupakan salah satu objek wisata baru di kabupaten sleman. museum yang berlokasi di kawasan kaliurung ini dimaksudkan sebagai sarana pendidikan yang terkait dengan mitigasi bencana alam, wahana informasi dan penelitian kegunungapian.

Museum Ullen Sentalu
Museum ini mengoleksi macam-macam batik serta berbagai benda dari kraton yogyakarta dan surakarta. buka setiap hari selasa s,d, minggu pukul 09.00 - 15.00 WIB.

Museum Affandi


Sesuai dengan namanya, museum ini mengoleksi lukisan karya-karya salah satu pelukis yogyakarta yang telah mendunia yaitu Alm Affandi. museum Affandi terletak di tepi sungai Gajah Wong tepatnya di Jl. Adisucipto. Museum ini dibuka setiap hari pada pukul 09.00 - 13.00 WIB.

Museum Pendidikan Indonesia


Merupakan museum yang mengoleksi berbagai benda dan sejarah perkembangan pendidikan di tanah air. Terletak di komplek kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Monumen Jogja Kembali


Monumen terletak di jalan lingkar utara, Sleman. Menyajikan rekaman, foto-foto dokumentasi peristiwa perjuangan, berbagai jenis senjata dan benda-benda lainnya (diorama) yang menggambarkan proses perjuangan indonesia pada 1945-1950. Buka selasa-minggu pukul 08.00-16.00 WIB.

Lapangan Golf Merapi


Lapangan golf dengan 18 hole standar internasional memiliki nuansa istimewa latar belakang gunung merapi. Terletak 23 km ke utara dari jogja (Cangkringan, Sleman) tentukan lingkungannya segar untuk olahraga golf.

Gunung Merapi


Gunung Merapi, 2.968 m dpl merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia. Saat cuaca cerah menarik untuk didaki. Ada dua jalur mendaki, salah satunya jalur Kinahrejo, sekitar 2 km dari Kaliurang. Kinahrejo berjarak 9 km dari puncak merapi dan dibutuhkan 10 jam untuk mencapai puncak.

Kawasan Wisata Kaliurang


Kaliurang adalah daerah tujuan wisata dengan pemandangan indah dan udara segar di lereng Gunung Merapi, 25 km utara jogja. ada fasilitas yang memadai seperti bumi perkemahan, taman rekreasi anak-anak, hutan, hotel, resor dan juga ruang pertemuan dan seminar.

Agro Wisata Salak Pondoh 


Objek wisata pertanian salak pondoh terletak di desa bangun kerto, turi, sekitar 25 km dari jogja. dianjurkan bagi temen-temen untuk mengunjungi obyek pertanian karena temen-temen akan melihat bagaimana Salak Pondok ditanam dan dibudidayakan. Temen-temen juga dapat membeli buah sebagai oleh-oleh.

Wisata Jamu


Ada kecenderungan menggunakan bahan alami, karena menyadari efek samping obat-obatan kimia. hal inilah yang mendorong untuk menggunakan obat tradisional. terletak di Jl. Kaliurang Km 21,5 Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Candi Sari


Dahulu candi ini merupakan vihara budha yang digunakan untuk memberi pelajaran kepada para biksu. letak candi ini berdekatan swngan candi kalasan dan dibuka pada pukul 08.00-17.00 WIB.

Candi Ijo


Candi ijo terletak 7 km dari arah tenggara candi prambanan yang didukung dengan suasana dan panorama alam pedesaan.

Upacara Adat Tawur Agung


Upacara ini diadakan sebelum hari raya nyepi di Candi Prambanan oleh pemeluk agama hindu untuk menyambut tahun baru saka.

Upacara Suran Mbah Demang


Upacara ini diselenggarakan di Modiman Banyuraden, Gamping. Setiap tanggal 8 suro (bulan jawa) untuk memperingati perjuangan Demang Cokro Dikromo dalam upaya mensejahterakan masyarakatnya.

Upacara Adat Bekakak


Diselenggarakan di Ambarketawang. Gamping. Pada setiap hari jumat yang mendekati tanggal 15 bulan sapar (bulan jawa). mengenang kesetiaan Ki Wiro Suto terhadap Sri Sultan HB I.

Upacara Merti Bumi Tunggul Arum


Diselenggarakan di desa Tunggularum, Turi, Setiap bulan sapar sebagai ungkapan rasa syukur dan permohonan masyarakat tunggularum agar terhindar dari bahaya Gunung Merapi

Upacara Ki Ageng Wonolelo


Diadakan di wonolelo, Wododomartini, Ngemplak, Setiap hari kamis minggu pertama bulan sapar (bulan jawa), Mengenang perjuangan Ki Ageng Wonolelo Dalam Syiar agama islam di daerah itu.

Upacara Adat Mbah Bregas


Diadakan di Ngino, Marguagung, Sayegan, Sleman, Sebagai rasa syukur setelah panen raya dan juga untuk mengingat jasa-jasa Mbah Bregas.

Upacara Sunan Kalijaga


Diselenggarakan di Margodadi, Sayegan, pada setiap jumat pahing bulan maulud (bulan jawa)
untuk mengenang perjuangan Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama islam di wilayah tersebut.

Upacara Ki Ageng Tunggul Wulung


Diadakan di desa Diro, Sendangmulyo, Minggir, setiap jumat Pon, bulan Agustus, Untuk mengenang Ki Ageng Tunggul Wulung dan puncaknya dipagelarkan Tari Tayub yang bisa diikuti pengunjung.

Upacara Adat Labuhan Merapi


Diadakan di Kinahrejo, Cangkringan, ini diadakan setiap anggap 30 Rejeb (bulan jawa), Untuk memperingati penobatan sri sultan HB X sebagai Sultan Ngayogyakarta Hadiningrat. Mbah Marijan dan abdi kraton membawa sesaji ke Kendit Merapi.

Upacara Merti Bumi Kaliurang


Diadakan setiap malam 1 suro (bulan jawa) di Kaliurang, Sebagai manifestasi dari rasa syukur kepada tuhan atas berkah yang diberikan kepada masyarakat di sekitar lereng Gunung Merapi.

Upacara Adat Bathok Bolu


Diadakan di Sambiroto, Purwomartani, kalasan, setiap tanggal 10 suro (bulan jawa) untuk memperingati turunnya wahyu kraton.

Desa Wisata Rumah Dome


Merupakan Relokasi rumah orban gempa memperoleh bantuan dari LSM. LSM khusus menangani kubah rumah. Terletak di Sengir, Sumberharjo, Prambanan.

Desa Wisata Kaliurang Timur


Terletak di kawasan Kaliurang selain menyediakan rumah peristirahatan juga menyuguhkan paket Tracking yang menyusuri kawasan hutan yang pernah terkena awan panas.

Desa Wisata Mlangi


Di desa Nogotirto Kec. Gamping, terdapat 'Masjid Patok Negoro' dibangun oleh kraton Yogyakarta serta beberapa pondok pesantren, sehingga dikenal dengan kampung santi.

Desa Wisata Trumpon


De desa Merdikorejo. Kec.Tempel. Potensi wisata yang ada di desa ini adalah areal kebun salak pondoh, Pemancingan, Panorama merapi, Sungai krasak dan menara pandang gunung merapi.

Desa Wisata Sendari


Terletak di desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati. Potensi desa ini adalah industri mebel bambu, seperti kerajinan hingga kursi dan meja yang terbuat dari bahan dasar bambu.

Desa Wisata Sukunan


Di desa Banyuraden, Kec.Gamping, menawarkan beragam kegiatan pengelolaan lingkungan kepada pengunjungnya, misalnya pembuatan kompos, kerajinan sampah pelastik, kertas daur ulang dll.

Desa Wisata Brayut


Di desa pandowoharjo, Kec. Sleman. selain rumah jogja dan homestay pengunjung juga disuguhi kegiatan menarik misalnnya: belajar bertani, membatik, menari serta menyusuri alam pedesaan.

Desa Wisata Brajan


Di desa sendangagung, Kec.Minggir, dusun Brajan sebagai sentra kerajinan bambu, Sehingga wisatawan bisa ikut belajar menganyam berbagai kerajinan dan tentu saja bisa membelinya sebagai souvenir.

Desa Wisata Gamplong


Terletak di desa Sumber Rahayu, Kec.Moyudan. memiliki potensi berupa kerajinantenun tradisional (ATBM) sehingga wisatawan bisa menyaksikan dan berbelanja barang kerajinan, Misalnya: tas, slayer, tikar, dan sebagainya.

Desa Wisata Gabungan


Terletak di desa Donokerto, Kec.Turi, Potensi desa ini adalah wisata alam menyusuri sungai, memancing serta berkebun dan memetik salak pondoh.

Desa Garongan


Desa wisata garongan terletak di desa Wonokerto kecamatan turi. potensi desa wisata ini adalah wisata alam, kebun salak pondoh, kebun buah melodi dan pemancingan.

Desa Wisata Grogol


Terletak di Margodadi Seyegan. Pengunjung dapat menikmati wisata Pemancingan, Tracking, dan seni budaya. serta di sediakan homestay bagi wisatawan yang ingin merasakan alam pedesaan.

Desa Wisata Nganggring


Di desa Girikerto, Kec.Turi, dikenal sebagai dusun penangkaran kambing Peranakan Etawa (PE). susu bubuk, karamel susu dan dodol susu dari PE merupakan makanan Khas.

Desa Wisata Malangan


Di desa Sumberagung, Kec.Moyudan, memiliki unggulan kerajinan anyaman bambu, kolam pemancingan dan rumah makan ikan air tawar.

Desa Wisata Nawung


Terletak di desa Gayamharjo Prambanan, Menyuguhkan pemandangan pegunungan dan lembah sungai untuk arena tracking, selain itu juga tersedia homestay untuk wisatawan.

Desa Wisata Turgo


Di kawasan lereng Merapi, tepatnya di desa purwobinangun, Kec.Pakem. Wisatawan bisa melakukan Tracking di kawasan hutan merapi serta perkebunan kopi, disana juga tersedia homstay untuk wisatawan.

Desa Wisata Kelor


Di desa Bangun Kerto, Kec.Turi, suasana pedesaan terhampar kebun salah, sungai jernih, kolam ikan, outboung, homestay dan panorama gunung merapi adalah potensi unggulan.

Desa Wisata Tanjung


Terletak di desa Donoharjo, Kec.Ngaglik. di desa ini wisatawan bisa belajar bertani, membatik, berbagai kesenian tradisional serta tinggal di rumah-rumah penduduk.

Desa Wisata Sidoakur


Terletak di Jethak II, Sidokerto Kec.Godean. desa ini menonjolokan lingkungan yang asri serta berbagai kesenian tradisional dari rumah adat yang masih terpelihara.

Desa Wisata Srowolan


Terletak di desa Purwobinangun, Kec.Pakem. di desa wisata  ini wisatawan bisa belajar bertani, seni tradisional, melakukan outbound serta tinggal di homestay yang tersedia.

Desa Wisata Ketingan


Terletak di desa Titoadi, Kec.Mlati. daya tarik utama desa ini adalah habitat burung kuntul dan blekok sehingga pengunjung bisa mengamati burung liar itu dari dekat.

Desa Wisata Pentingsari


Di lereng gunung merapi desa Umbulharjo, Kec.Cangkringan disana menyuguhkan outbound, camping, tracking, kesenian tradisional, galeri barang antik, belajar pertanian, dan homestay sajian bagi wisatawan.

Desa Wisata Plempoh


Terletak di desa Bokoharjo, Kec.Prambanan. desa wisata ini menawarkan tracking di candi-candi yang terletak di sekitar desa wisata tersebut.

Desa Wisata Sangubanyu


Di desa Sumber Rahayu, Kec. Moyudan, Memiliki Potensi industri tenun tradisional (ATBM) yang tersebar di beberapa rumah penduduk, menyediakan berbagai bentuk kerajinan tenun.

Museum Geothermal UPN


Menampilkan benda yang berhubungan dengan ilmu geologi, di universitas pembangunan Nasional Veteran, Jl.Babarsari No.2 Yogyakarta. Buka setiap jam kerja.

Wisata Erupsi


Pengunjung dapat melihat bekas kedahsyatan awan panas gunung merapi di daerah kinahrejo dan sekitarnya, serta melihat bekas rumah mbah maridjan yang dipandu oleh guide lokal.

Panggung terbuka Tlogo Putri


Panggung seni tradisional dan modern setiap hari minggu atau hari libur. pengunjung dapat bersama menari dengan artis atau menikmati seni tradisional yang mengesankan.








Semoga Bermanfaat Buat teman-teman semua :)
Sumber : www.tourismsleman.com
Design : Wahyu eko saputro




Tidak ada komentar: